Tag

, , , , , , ,

tempo hari saya pernah sharing repotnya membagi file dengan winrar. karena kita harus mengkonversi ukuran tertentu ke dalam byte, hal itu bukan ga mungkin dilakukan. sekarang ini banyak tool dan cheatsheet tabel perbandingan satuan tertentu. seperti convertall portable yang saya download dari portableapps.

2012-05-18_181855

dari tampilanya, penggunaanya sangat mudah pada input text from unit ketik satuan yang mau kita konversi misal saya akan mengkonversi 1MB berapa byte? maka ketik MB pada input text sebelah kiri(from unit) dan ketik byte pada input text sebelah kanan(to unit) atau bisa juga dengan memilih daftar satuan pada scroll box di masing-masing kolom.

2012-05-18_182526

perhatikan text input bagian bawah, nilai default 1 pada kolom MB bisa kita rubah sesuai nilai yang ingin kita konversi, begitu juga sebaliknya nila pada kolom byte. sekarang kita masuk ke contoh kasus saya ingin mengupload sebuah file tapi karena satu dan lain hal file tersebut harus saya split ke dalam beberapa bagian.

2012-05-18_183721

tampak pada jendela explorer file avast dengan ukuran 71,2MB. saya ingin bagi file menjadi berukuran 20MB, langkah yang saya lakukan klik kanan pada file avast tersebut pilih winrar lalu add to archive kemudian muncul jendela winrar

2012-05-18_184433

perhatikan bagian bawah “split to volumes, bytes” disini kita bisa memilih akan membagi kedalam ukuran tertentu(klik tanda panah) atau kita bisa juga mengisinya secara manual tapi ingat satuan yang diperkenankan dalam byte CMIW(Correct Me If I Wrong). maka untuk mendapatkan 20MB berapa byte kita gunakan convertall portable.

2012-05-18_185340

2012-05-18_185403

setelah didapat nilainya copy dan paste seperti terlihat pada gambar diatas. dan hasilnya terdapat 4 part hasil split. untuk menggabungkanya cukup extract part1 saja

2012-05-18_185827

