Tag

, , , , ,

dosen saya pernah bilang “masyarakat itu g peduli kamu kuliah di jurusan apa.. yang mereka tau kamu orang komputer” jadi walaupun konsentrasi yang saya ambil di bangku kuliah software engineering, tapi saya juga harus mengerti hardware komputer. saya pernah kebingungan ketika harus menentukan jenis memori yang sesuai untuk motherboard tertentu. kalo menentukan jenis ddr1 & 2 atau sdram bisa dilihat dari slot memori motherboardnya, yang jadi masalah ketika harus menentukan besaran PC berapa? selama ini saya beranggapan semakin besar PC-nya semakin bagus.

dari sebuah artikel akhirnya saya mendapat jawaban, “ukuran memori ideal adalah setengah kali kecepatan FSB MB contoh :
MB Asus dengan type P5GC-MX/1333
1333 merupakan kecepatan FSB MB tersebut, maka
1333 / 2 = 667 dan besaran PC adalah 667 x 8 = PC5300(pembulatan)

MB tersebut diatas bisa dipasang memori PC6400, tapi tetap kecepatanya hanya 667MHZ (PC5300)

