dah lama ga nge-blog, hari ini coba mulai bikin posting dengan modem fren yang sinyalnya kurang bagus di tempat saya tinggal. belakangan saya dapat kesempatan untuk lebih memperdalam php. 70% saya belajar secara ortodidak, cari referensi di toko buku atau dengan mengunjungi blog para master php, tutorial maupun contoh-contoh program jadi saya dapatkan dari internet blog yang sering saya kunjungi diantaranya blog rosihan ari dan askmyphp. yang 30% saya dapat di kampus dan tempat kursus.

dalam prakteknya saya sering menemui masalah, terkadang solusi saya dapatkan dari blog luar. mereka ga sungkan untuk bertanya hal yang mungkin dianggap sepele, dan tanpa merendahkan dengan senang hati mereka menjawab dan memberikan solusi. seperti “deprecated” masalah yang muncul ketika saya coba menjalankan script lawas dengan bundle wamp versi terbaru. setelah googling ternyata permasalahanya pada perbedaan versi php. dari referensi yang saya baca pada php versi terbaru ada beberapa fungsi yang dihilangkan atau diganti. untuk mengatasinya bisa dengan merevisi script sesuai yang diperkenankan di versi terbaru,  atau downgrade versi php.

