Tag

, ,

Assalamualaikum wr.wb.

Punteun ah.. mau belajar jadi blogger sejati nih (dah lama absen). Belakangan saya lagi getol ngeksplor google chrome. Dalam tulisan in bukan bermaksud membahas mengenai browser yang satu ini, jujur saya kurang pandai menganalisa, sekedar sharing ajah.

Setelah beberapa kali menggunakan”nya” yang saya sukai dari chrome pertama : tampilanya sederhana cocok buat netbook saya yang hanya berlayar (bukan untuk perahu) 10” dibanding dengan firefox yang penuh dengan toolbar (memang bisa disetting tapi untuk orang awam seperti saya “lieur euy..terima apa adanya ajah). Kedua : load start-upnya lebih cepat dibanding firefox dan opera. Ketiga : buat teman2 yang terbiasa menggunakan firefox meng-aktifkan atau mnon-aktifkan addon perlu me-restart browser, tapi pada chrome g perlu, mantapss (jamak) download g putus…browsing jalan terus. Yang lain dari yang lain adalah task manager browsernya, bayangin sebuah browser memiliki task manager sendiri (shift + esc) jadi kita bisa monitoring tabs mana yang memakan memory lebih besar.

Memang g ada yang sempurna, selain kelebihan yang saya sebutkan diatas, kelemahan dari chrome pertama : dukungan addon belum selengkap firefox kedua : pada firefox untuk mendownlod kita bisa integrasikan dengan download manager eksternal (fdm, idm dll..) pada chrome setelah muter2 di google mencari referensi memang bisa tapi perlu beberapa penyesuaian, dan walaupun setelah diintegrasikan ke chrome, terkadang chrome langsung menghandle downlodanya sendiri, lain waktu diserahkan ke download manager (he2 maklum hobi dunlud). Bingung berdasar apa?? seolah-olah “siapa cepat dia dapat” (mungkin ada temen2 yang punya solusinya??). Ketiga : saya kesulitan untuk melihat print privew ketika akan mencetak sebuah halaman web, alhasil kertas terbuang sia2 mencetak halaman kosong yang g perlu. Akhirnya saya buka browser firefox. Ke-empat : untuk tampilan full screen kita hannya bisa melihat sebuah tab, untuk melihat tab yang lain kita harus keluar full screen dulu, tidak seperti firefox pada tampilan full screen kita bisa dengan mudah berpindah tab yang lain cukup dengan menggeser kursor ke atas lalu akan muncul beberapa tab yang sebelumnya dibuka tinggal klik tab yang lain halaman sudah berpindah.

